Kamis, 13 Maret 2014

PENGERTIAN ORGANISASI DAN METODE



assalamualaikum warrahmatuallahi wabbarakatuh. Yang terhormat semua pembaca yang saya hormati. pertama-tama saya panjatakan puji syukur ke hadirat ALLAH swt karena telah memberikan nikma sehat untuk kita semua, disini saya akan melampirkan sebuah teori.


 Pengertian organisasi itu sendiri adalah wadah bagi sekelompok individu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan organisai itu sendiri terbentuk dari berbagai individual yang memiliki kepentingan yang sama.
Siapapun memerlukan pengalaman dalam organisasi, ini dikarenakan manusia adalah makhluk sosial yang pasti akan berinteraksi dengan yang lain.
 
  Istilah organisasi berasal dari kata organon/bahasa yunani. Yang berarti alat, tools. Desain organisasi (organizational design) merupakan proses memilih dan mengimplementasikan struktur yang terbaik untuk mengelola sumber-sumber untuk mencapai tujuan
 Sebelum menguraikan pengertian organisasi dan metode secara lengkap, terlebih dahulu akan ditinjau
secara sekilas arti kata dari organisasi dan medote.
WADAH        : manusia untuk saling Sekelompok bekerja sama (Statis)
PROSES      : Pengelompokan manusia dalam kerjasama yang efesien   (bersifat Dinamis) Inilah yang menyebabkan mengapa organisasi selalu bergerak, senantiasa hidup, berkembang dan berubah-ubah.
  
Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai secara tujuan.

Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan funsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan.
 
 
Dari perngertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
  • Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat plaksanaan kerja setepat-tepatnya.
  • Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen.
  • Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  • Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan  efesiansi kerja untuk mencapai tujuan.
Sekilas dari teori di atas saya akan menceritakan pengalaman saya pada saat saya mengikuti sebuah organisasi.

Sejak saya duduk di bangku SMA saya baru mengenal apa itu organisasi menurut saya organisasi itu sekumpulan orang banyak yang saling bertukar pikiran untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Awalnya saya tidak berminat mengikuti suatu organisasi dalam sekolah namun saya di ajak oleh teman saya untuk lebih mengenal apa itu organisasi.
OSIS adalah salah satu contoh organisasi yang ada di lingkungan sekolah. dari organisai ini dimana kita dilatih untuk belajar menjadi seorang pemimpin. Sewaktu saya SMA saya menjabat sebagai DEVISI BASKET dari jabatan saya itu saya memiliki tanggung jawab terhadap ekstrakulikuler basket setiap aktivitas atau kegiatan yang di lakukan ekstrakulikuler basket saya wajib menanggung atau mendata apa saja kegiatan yang telah diikuti oleh ekskul tersebut.

Hanya itu saja yang bias saya ceritakan mengenai pengalaman saya mengikuti sebuah organisasi dalam bidang pendidikan / Sekolah.

Kesimpulan :
Dari teori diatas dan pengalaman saya diatas dapat disimpulkan bahwa suatu organisasi itu adalah sebuah wadah untuk saling bertukar pikiran dan saling bertukar pendapat atau manusia untuk saling Sekelompok bekerja sama (Statis). Suatu organisasi dapat melatih kita brani mengungkapkan pendapat / opini di depan umum melatih mental kita agar berani mengambil suatu keputusan.
 


DAFTAR PUSTAKA


Demikian yang dapat saya paparkan mengenai  ini , tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahanya. kurang dan lebihnya saya ucapkan terimakasih wabilahitaufik walidayah wasalammualaikum warrahmatuallahi wabbarakatu.
 





 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 pengetahuan | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille