Sabtu, 16 November 2013

BERITA HARIAN KOMPAS





assalamualaikum warrahmatuallahi wabbarakatuh. Yang terhormat semua pembaca yang saya hormati. pertama-tama saya panjatakan puji syukur ke hadirat ALLAH swt karena telah memberikan nikma sehat untuk kita semua, disini saya akan melampirkan sebuat berita.

KOMPAS 17 NOVEMBER 2013

*PERANG TOMAT UNTUK USIR KEBURUKAN
Hasil dan rezeki melimpah yang diberikan bagi umat manusia selayaknya di syukuri. Begitulah yang dilakukan masyarakat kampung Cikareumbi , Cikidang ,Lembaga Kabupaten Bandung Barat ,Kamis (14/11), saat menggelar hajat bumi dan perang tomat.

         
Melimpahnya hasil panen tersebut dirayakan bersama-sama. Mereka mengawali dengan berdoa , arak-arakan ,kemudian ditutup dengan perang tomat sebagai simbol membuang segala keburukan . hajat bumi sudah berlangsung secara turun temurun. Perang tomat digelar sebagai ekpresi rasa syukur atas kemurahan alam. Hasil panen seperti sayur-mayur diarak diiringi musik dan kesenian tradisiomal .Warga menonton di sepanjang jalan kampung. Banyak juga yang berjoget .


Perang tomat ,menurut warga, merefleksikan membuang keburukan. Peserta inti perang tomat mengenakan pelindung kepala dan tameng yang terbuat dari bambu. Warga setempat boleh mengikuti perang dengan melemparkan tomat-tomat yang sudah disediakan. Hal itu diartikan sebagai penolakan atas sistem dagang tengkulak yang seenaknya mempermainkan harga. Tomat ,misalnya saat ini terpuruk hingga RP.700 per kilogram dari harga terbaik yang mereka capai, yakni RP.5000 per kilogram.




Kesimpulan :
Dari berita diatas  kampung Cikareumbi sangat bersyukur atas hasil panen yang berlimpah.  Dengan rasa syukur yang dirasakan kampung tersebut kampung tersebut merayakan gelar hajat bumi dengan perang tomat. Dari tradisi yang dilakukan kampung cikareumbi  ini bertujuan untuk mengusir keburukan dari hasil panen  dan sebagai rasa syukur terhadap Tuhan YME.


Dari berita di atas kita dapat simpulkan bahwa kita sebagai warga negara indonesia harus cinta terhadap tradisi yang sudah ada dan harus bangga apa yang ada di kebudayaan indonesia tercinta ini walaupun kita semua berasal dari suku-suku yang berbeda dan beraneka ragam tradisi tetapi tetap satu indonesia jaya.

Demikian yang dapat saya paparkan mengenai  ini , tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahanya. kurang dan lebihnya kami ucapkan terimakasih wabilahitaufik walidayah wasalammualaikum warrahmatuallahi wabbarakatu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 pengetahuan | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille