Sabtu, 05 Oktober 2013

KONSEP DASAR MANAJEMEN

*Kalimat pembuka

assalamualaikum warrahmatuallahi wabbarakatuh.
Yang terhormat ibu dosen yang saya hormati.
pertama-tama saya panjatakan puji syukur ke hadirat ALLAH swt karena telah memberikan nikma sehat untuk mengerjakan tugas ini.

KONSEP DASAR MANAJEMEN
*PENGERTIAN MANAJEMEN
Ada beberapa definisi mengenai manajemen yang di berikan oleh para ahli. Robbins dan caulter
(1999) menyebutkan manajemen adalah proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan – kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan effisien melalui orang lain.
2 kata penting yang saling terkait disini adalah pengkoordinasian orang lain dan efektif efisien . pengkoordinasian orang lain artinya melibatkan orang lain, sedangkan efektif efisien untuk menunjukan berdaya guna dan berhasil guna.


Ahli – ahli lain juga memberikan definisi yang kurang lebih sama.:
·         Gibson,donelly,ivancevich (1996) manajemen adalah proses yang dilakukan seorang atau beberapa orang untuk mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak dapat dicapai oleh orang itu sendiri.
·         Follet dalam Stoner dan wankel (1986), menyebutkan bahwa manajemen adalah seni untuk melakukan sesuatu melalui orang lain.
·         Siagian dalam Dadang dan Sylvana (2007) mengemukakan bahwa manajemen adalah kempmpuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.

*fungsi-fungsi manajemen
·         Robbins dan coulter (1999) menyebutkan bahwa fungsi- fungsi manajemen adalah perencanaan,pengorganisasian,kepemimpinan dan pengawasan.
1.       Perencanaan mencakup pendefinisian tujuan , penetapan strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan.
2.       Pengorganisasian adalah menentukan tugas apa saja yang dikerjakan, siapa saja yang mengerjakan,bagaimana tugas-tugas di kelompokan, siapa melapor kepada siapa, dan pada tingkat mana keputusan harus dibuat.
3.       Kepemimpinan meliputi kegiatan-kegiatan memotipasi bawaan , mengarahkan ,menyeleksi saluran komunikasi yang paling efektif dan memecahkan konflik.
4.       Pengendalian meliputi pemantauan kegiatan-kegiatan untuk memastikan bahwa semua orang mencapai apa yang telah di rencanakan dan mengkoreksi penyimpangan yang ada.
*pengertian manager
Yang di maksud dengan manager adalah orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam organisai yang berbagai karakteristik latar belakang akan tetapi memiliki ciri yang sesuai dengan tujuan dan teknologi.
Tugas seorang manager adalah bagaimana mengintegrasikan berbagai macam variable (karakteristik,budaya,pendidikan dsb.)  kedalam suatu tujuan organisasi yang sama dengan cara melakukan mekanisme penyesuaian.

*jenis-jenis manager dan keterampilan manager 
Jenis-jenis atau tingkatan manager menurut robbins dan coulter (1999) adalah :
·         Manajer lini pertama : manajer tingkat paling rendah. Contohnya ; manajer kantor dan manajer departemen.
·         Manajer menengah : mencakup semua tingkat manajemen antara tingkat penyelia dan tingkat puncak. Misalnya : kepala bagian, kepala biro, manajer pabrik, manajer devisi , general manajer , dan dekan.
·         Manajer puncak : manajer yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan organisasi. Misalnya ; presiden direktur , CEO,COO, dan presiden komisaris.

Perbedaan tingkatan manajemen mempengaruhi fungsi manajemen yang di lakukan , dimana ada 2 fungsi manajemen yaitu manajemen administratif dan manajemen operatif .
Semakin rendah jabatan, maka lebih banyak mengerjakan fungsi manajemen operatif. Sedangkan , semakin tinggi jabatan ,  maka lebih banyak menggunakan fungsi administratif.

*Kemampuan Manajerial
Kemampuan manajerial adalah kemampuan manajer dalam mengatur, mengkoordinasikan, dan menggerakan para bawahan kea rah pencapaian tujuan yang ditetapkan oleh organisasinya. Kemampuan manajerial lahir dari proses pembelajaran. Kegagalan mengoptimalkan kemampuan manajer ini disebabkan sebagai berikut :
1.       Manajer kurang mampu memahami kinerja yang diharapkan dari posisinya
2.       Kurang memahami peran manajerial yang diembannya
3.       Tidak menguasai keterampilan manajerial

4.       Tidak mampu memotivasi bawahan

*Kalimat penutup

Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi konsep dasar manjemen ini , tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahanya. kurang dan lebihnya saya ucapkan terimakasih wabilahitaufik walidayah wasalammualaikum warrahmatuallahi wabbarakatu.

a


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 pengetahuan | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille