assalamualaikum warrahmatuallahi wabbarakatuh. Yang terhormat semua pembaca yang saya hormati. pertama-tama saya panjatakan puji syukur ke hadirat ALLAH swt karena telah memberikan nikma sehat untuk kita semua, disini saya akan melampirkan sebuah teori.
Informasi
adalah data-data yang telah diolah sehingga dapat berguna bagi siapa saja yang
membutuhkan. Informasi dapat direkam atau dikirim. Para ahli memiliki banyak
arti lain tentang informasi. Informasi bisa dikatakan sebagai pengetahuan yang
didapatkan dari belajar, pengalaman atau instruksi.
1.Uraian singkat
dari definisi informasi yang anda ketahui, kebutuhan informasi apa saja yang
sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya !
Sebutkan dan jelaskan hal tersebut berikut contoh perusahaan
yang memanfaatkan informasi tersebut.
Informasi adalah data yang telah diolah atau diproses
kedalam bentuk yang sangat berarti bagi penerimannya dan merupakan nilai yang
sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan, keputusan sekarang dan nantinya.
(Gordon B Davis)
Informasi adalah penerangan keterangan, pemberitahuan, kabar
berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat
dijadikan dasar kajian, analisis dan kesimpulan. (Anton M Moeliono)
Informasi mendasar yang dibutuhkan perusahaan :
§ Menyediakan informasi yang dipergunakan didalam
perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan
manajeman.
§ Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam
perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
§ Menyediakan informasi untuk pengambilan
keputusan.
§ Menyediakan informasi yang efektif dan efisien
terkait hal-hal yang bisa membantu percepatan tanpa meninggalkan keakuratan,
sehingga bisa meningkatakan harga jual perusahaan dan memenangkan persaingan di
pasar.
Salah satu perusahaan yang memanfaatkan informasi adalah : Pizza Hut
Dalam
persaingan yang ketat di bidang makanan cepat saji, Pizza Hut menerapkan
keunggualan teknologi informasi yang lebih maju dibandingkan
pesaing-pesaingnya. Keunggulan teknologi dan pemasaran yang jitu membuat Pizza
Hut selangkah lebih maju dengan melakukan beberapa gebrakan, diantaranya :
a. Penggunaan internet
sebagai media promosi serta pemesanan pizza.
b.Pertama kali di
industri makanan cepat saji untuk sistem pemesanan 24/7. Dengan sistem baru,
Pizza Hut rantai pizza pertama untuk menerima pesanan online untuk pengiriman
dalam waktu 24 jam sehari. Sistem akan menerima pesanan sampai dua bulan di
muka.
c. Sistem baru ini
memungkinkan Pizza Hut untuk menerima pesanan kartu kredit pembayaran, sehingga
pelanggan dapat menghindari kewajiban membayar tunai.
d.Menerapkan
sistem untuk memberitahu manager terkait dengan problem yang berpotensi akan
terjadi serta terhubung ke kantor pusat untuk memonitor performance dari tiap
outlet.
2. Sebut dan
jelaskan 5 bentuk sumber yang dikelolah oleh seorang manajemen
· Manusia
berperan penting dalam proses pengeolalaan Manajemen, karena disinilah titik
tonggak pengolahan Informasi yang akan disampaikan dan diatur dalam sebuah
proses manajemen pada suatu perusahaan atau instansi tertentu.
· Material
merupakan salah satu sumber yang bisa dikelola seorang Manajer untuk dijadikan
barang modal yang akan di proses dalam sistem informasi manajemen ataupun
perusahaannya sendiri untuk ditransaksikan
· Mesin
Merupakan salah satu sumber penghasilan dan penyempurnaan dari material yang
sudah diolah dan bisa menjadikan sebuah alat yang bisa mendatangkan keuntungan
dari hasil proses dan transaksi yang dilakukan. dan bisa membantu dalam
kelancaran proses kegiatan dalam sebuah perusahaan.
· Keuangan
Merupakan modal yang sangat penting dalam menunjang aktivitas dan keseimbangan
proses manajemen yang diterapkan serta menjadi sebuah sarana penting dalam
sebuah perusahaan.
· Informasi
Merupakan data data yang perlu disimpan dan diolah karena sangat penting,
setiap Informasi yang masuk perlu diolah dan didistribusikan kepada 4 titik
point penting seperti yang dijelaskan diatas, sebagai contoh informasi pangsa
pasar dan pendisitribusian barang yang akan menjadi sangat fatal jika ditanggapi
dengan salah.
3. Elemen
lingkungan adalah organisasi atau individu yang berada diluar perusahaan dan
mempunyai pengaruh langsung atau tidak langsung pada perusahaan. Sebutkan dan
jelaskan elemen-elemen lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan
dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik.
§ Internet
Dengan Menggunakan Internet sebuah perusahaan dapat mengetahui pangsa pasar modal,serta pengiriman, pendistribusian barang/jasa/sumber daya dapat dikelola dengan baik.
Dengan Menggunakan Internet sebuah perusahaan dapat mengetahui pangsa pasar modal,serta pengiriman, pendistribusian barang/jasa/sumber daya dapat dikelola dengan baik.
§ Telepon / Handphone
Dengan Telepon/Handphone dapat membuat sebuah perusahaan bisa saling terhubung dan sebagai media antar perusahaan satu dengan yang lain ataupun dengan konsumen.
Dengan Telepon/Handphone dapat membuat sebuah perusahaan bisa saling terhubung dan sebagai media antar perusahaan satu dengan yang lain ataupun dengan konsumen.
§ Faximille/Telegram
Faximille/Telegram sebuah perusahaan dapat mengirimkan dan menerima informasi informasi terkait walaupun dengan proses yang terlampau lama setidaknya bisa menggantikan proses pengolahan data informasi secara manual.
Faximille/Telegram sebuah perusahaan dapat mengirimkan dan menerima informasi informasi terkait walaupun dengan proses yang terlampau lama setidaknya bisa menggantikan proses pengolahan data informasi secara manual.
§ Jaringan Komputer Kabel/Nirkabel
Jaringan Komputer dapat digunakan setiap perusahaan dengan konsumen ataupun dengan instansi tertentu untuk membuat sebuah kerjasama manajemen yang baik.
Jaringan Komputer dapat digunakan setiap perusahaan dengan konsumen ataupun dengan instansi tertentu untuk membuat sebuah kerjasama manajemen yang baik.
Demikian yang dapat saya paparkan mengenai ini , tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahanya. kurang dan lebihnya saya ucapkan terimakasih wabilahitaufik walidayah wasalammualaikum warrahmatuallahi wabbarakatu.
SUMBER :
http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/PRODI._MANAJ._PEMASARAN_WISATA/132320795%20-%20saripudin/Sistem%20Informasi%20Manajemen%20Pemasaran%20Pariwisata/Sistem%20Informasi%20Pemasaran.pdf
0 komentar:
Posting Komentar