Jumat, 25 Oktober 2013

TUGAS SOFSKILL 2


     assalamualaikum warrahmatuallahi wabbarakatuh. Yang terhormat semua pembaca yang saya hormati. pertama-tama saya panjatakan puji syukur ke hadirat ALLAH swt karena telah memberikan nikma sehat untuk mengerjakan tugas ini.


Analisa kasus :
Slamet sejahtera, adalah pendiri, direktur dan manajer umum dari semua operasi PT.Tomato  inc. sebuahpabrik sepatu di karawang . suatu waktu perusahaan tersebut diambil alih oleh suatu perusahaan raksasa dan direorganisasi , dan selamet diangkat sebagai direktur baru , diperintahkan untuk mengembangkan struktur organisasi . dia melakukanya dengan berat hati karena dia selalu mengelola perusahaanya secara informal . setelah satu tahun memecahkan banya masalah antar departemen sendiri dan bekerja 12 sampai 14 jam sehari slamet menyadari bahwa penjualan menurun, laba menyusut , dan banyak karyawan keluar dari perusahaanya. Masalahnya : adalah bagaimana mereorganisasi PT.Tomato menjadi suatu perusahaan yang lebih professional dengan meningkatkan penjualan dan laba.
Seandanya saya jadi konsultan diperusahaan itu. :
1.       Perencanaan pegawai seperti apa yang saudara usulkan kepada direktur perusahaan dan susunlah struktur organisasinya. ?
2.       Perencanaan produksi / pemasaran yang saudara usulkan  ?
3.       Untuk menaikan lagi tingkat penjualan dan laba, koordinasi apa dan bagaimana yang seharusnya dia lakukan ? mengapa koordinasi penting untuk dilaksanakan. ?

Dari masalah di atas kami sekelompok akan menjawab semua pertanyaan yang tertera di atas.
Perencanaan pegawai seperti apa yang harus dilakukan sebaiknya selamet yang menjabat sebagai direktur di PT.Tomato tersebut lebih memperhatikan dan memahami pegawainya dan seharusnya bapak slamet tidak mengelolah perusahaanya secara informal melainkan secara formal agar pegawai yang dipekerjakan nyaman dan betah bekerja di prusahaan bapak. Dan pegawainya  harus diajarkan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen agar konsumen puas.


Perencanaan produksi /pemasaran seperti apa yang harus dilakukan bapak slamet untuk memajukan perusahaan ? sebaiknya yang harus dilakukan untuk memajukan produksi yang meningkat dengan cara melakukan promosi, membuat produk-produk terbaru yang sedang tren dikalangan anak-anak maupun remaja  atau membuat seminar yang berisikan ajakan tentang kualitas barang dan keunggulan barang tersebut.

Upaya yang sebaiknya dilakukan seorang direktur adalah memberikan produk dan barang yang berkualitas , dan kejujuran dalam memasang harga yang tepat dan mengatur modal dengan baik agar selalu terkontrol hingga mempunyai keuntungan yang besar dan sekaligus melatih kejujuran pegawainya. Sehingga konsumen pun dapat merasakan kepuasan dari produk dan pelayanan yang perusahaan berikan.

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi konsep dasar manjemen ini , tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahanya. kurang dan lebihnya kami ucapkan terimakasih wabilahitaufik walidayah wasalammualaikum warrahmatuallahi wabbarakatu.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus bagus.

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 pengetahuan | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille